Kebiasaan Dan Penyakit Yang Menjadi Penyebab Kulit Tangan Mengelupas




Penyebab Kulit Tangan Mengelupas – Kulit merupakan lapisan terluar tubuh yang harus kita jaga karena memerankan fungsi perlindungan bagi tubuh kita. Tidak terkecuali kulit pada telapak tangan yang seringkali terekspos. Oleh karena itu tidak jarang kulit tangan mengelupas sehingga membuat tidak nyaman serta tidak sedap dipandang mata

Pada umumnya terdapat dua alasan pokok yang menjadi penyebab kulit tangan mengelupas yaitu karena aktivitas sehari-hari dan penyakit. Siapa yang tidak ingin memiliki permukaan kulit tangan yang mulus dan halus?
Jangan langsung panik jika kondisi kulit tiba-tiba mengelupas. Karena ada sebagian orang yang kulitnya mengalami pengelupasan dalam kurun waktu tertentu. Jika Anda tidak bisa menghindarinya, setidaknya usahakan untuk meminimalisir penyebabnya.

Kebiasaan Yang Menyebabkan Kulit Tangan Mengelupas

Khususnya wanita biasanya lebih sensitif terhadap kondisi kulitnya. Mulai dari penyesuaian diri dengan cuaca ataupun penggunaan zat kimia maupun faktor alergi. Berikut ini akan dibahas mengenai kebiasaan sehari hari yang dapat menyebabkan kulit mengelupas

1. Perubahan Cuaca Mempengaruhi Kondisi Kulit Tangan

Cuaca merupakan faktor yang tidak dapat kita rubah. Perubahan cuaca ekstrim terlalu panas atau terlalu dingin inilah yang menjadi penyebab kulit tangan mengelupas karena kondisi kering. Memang perubahan cuacanya tidak dapat dirubah. Namun, kita dapat mengantisipasinya dengan melakukan beberapa cara seperti mengusapkan hand and body lotion atau mousturizer setiap akan beraktivitas dan setelah air terpapar air.

2. Tidak Perlu Sering Mencuci Tangan

Aktivitas mencuci tangan memang baik dilakukan untuk mengurangi bakteri yang bersarang di telapak tangan kita. Namun, jika kulit tangan kita terlalu sering terpapar air dan bahan aktif dari sabun cuci tangan, maka akan menyebabkan hidrasi sehingga lapisan kulit menjadi kering dan mengelupas.

3. Berkelut Dengan Aktivitas Rumah Tangga

Aktivitas seperti mencuci piring, baju, membersihkan lantai dan kamar mandi bahkan kloset tidak terlepas dari bahan-bahan kimia. Aktivitas ini yang sering menjadi alasan umum penyebab kulit tangan mengelupas. Namun tetap saja sensitifitas kulit masing-masing orang berbeda.
Usahakan jangan terlalu sering berganti detergen atau sabun walaupun kandungan bahan aktifnya sama. Hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi kulit karena kulit akan terus mengelupas untuk beradaptasi dengan bahan-bahan kimia baru.

4. Alergi Terhadap Makanan Maupun Zat Tertentu

Beberapa orang terkadang memiliki beberapa keluhan alergi baik karena makanan maupun bahan kimia. Dampak yang ditimbulkan biasanya gatal-gatal di area permukaan kulit tidak terkecuali pada bagian tangan.
Jika muncul bercak bercak merah di permukaan telapak tangan hingga pada akhirnya mengering dan mengelupas ketika sembuh. Jika hal ini terjadi maka hentikan aktivitas yang dapat menyebabkan alergi Anda kambuh. Pergilah ke dokter untuk mendapatkan obat anti alergi.

Penyakit Kulit Penyebab Kulit Tangan Mengelupas

Tidak hanya karena kebiasaan sehari-hari yang menjadi penyebab kulit tangan mengelupas. Namun juga beberapa penyakit di bawah ini akan meninggalkan bekas kelupasan kulit di sekitar tangan. Pada beberapa penyakit akan dijumpai berbarengan dengan adanya cairan dalam bercak merah disertai rasa gatal dan sakit.

1. Si Eksim Penyebab Gatal Dan Mengelupas

Eksim merupakan respon aktif yang diberikan oleh tubuh jika mendapat paparan dari suatu zat iritan. Pada penderita penyakit ini akan mengalami rasa gatal disertai ruam kering dan menjadi penyebab kulit tangan mengelupas pada telapak dan punggung.

Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun, jika ditelisik dari riwayatnya biasanya orang yang menderita eksim berawal dari kasus alergi. Karena ini merupakan penyakit, maka segeralah meminta bantuan dokter supaya tidak berlarut-larut merasakan rasa sakit dan gatal yang mengganggu aktivitas keseharian Anda.

2. Keratosis Pilaris (Penyebab Gatal Yang Diturunkan)

Faktor genetik yang menyebabkan penyakit ini dapat diturunkan. Gejala yang ditimbulkan meliputi gatal di bagian tangan dalam dan lama kelamaan menjadi kasar karena kehilangan kandungan airnya.

Gejala lain yang menyertai kulit pecah pecah apa lagi pada kondisi cuaca dingin, akan sangat memperburuk kondisi tangan Anda. Hal yang bisa diusahakan untuk memperingan kondisi tersebut adalah dengan mengoleskan salep dengan kandungan asam laktat dan retinoid di dalamnya. Khasiat zat tersebut untuk memberikan kelembaban dan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan.

3. Dyshidrosis (Penyebab Gatal Pengelupasan Di Ujung Jari)

Gejala gatal yang diawali dari ujung jari-jari tangan hingga lecet-lecet akibat dipaksa terpapar zat-zat kimia misalnya seperti detergen. Jika baru mulai merasa gatal langkah aman yang dapat dilakukan adalah dengan memakai sarung tangan latex ketika hendak beraktivitas. Hal tersebut akan mengurangi paparan terhadap zat kimia aktif sehingga gejala lanjutan lecet-lecet sampai berdarah dapat dihindari.

Ok mungkin hanya itu saja artikel tentang Kebiasaan Dan Penyakit Yang Menjadi Penyebab Kulit Tangan Mengelupas. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan agar kulit tangan terhindar dari kejadian mengelupas yang disebabkan oleh penyakit tertentu. Salam sukses selalu

0 Response to "Kebiasaan Dan Penyakit Yang Menjadi Penyebab Kulit Tangan Mengelupas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel